Skip links

In House Training Pelatihan Pencampuran Sediaan Parenteral

Rumah Sakit Umum “Darmayu” Ponorogo menggelar Pelatihan Pencampuran Sediaan Parenteral pada hari , 18 Februari 2017 di Aula Rumah Sakit Umum “Darmayu” Ponorogo. Pelatihan ini diikuti oleh perwakilan tenaga perawat di masing-masing ruang perawatan. Peserta pelatihan ini total berjumlah 50 orang.

Narasumber yang hadir dalam pelatihan ini yaitu Dr. Fita Rahmawati, Sp. FRS. Apt, selaku Dosen di Universitas Gajah Mada. Narasumber memberikan materi yang meliputi: kondisi aseptic, Incompatibilitas Pencampuran Sediaan Parental, Persiapan Kerja di Ruang Aseptic, Peralatan & Packing, Preparasi Large Volume Solution.

Adapun pelatihan ini diselenggarakan dengan tujuan untuk meningkatkan keterampilan dan pemahaman tenaga perawat dalam melaksanakan pencampuran obat injeksi dengan teknik aseptik. Pencampuran obat injeksi seharusnya dilakukan oleh apoteker di Instalasi Farmasi Rumah Sakit, tetapi kenyataannya sebagian besar masih dilaksanakan oleh perawat dengan sarana dan pengetahuan yang sangat terbatas, sedangkan pekerjaan kefarmasian tersebut memerlukan teknik khusus dengan latar belakang pengetahuan antara lain sterilitas, sifat fisikokimia dan stabilitas obat, ketidaktercampuran obat serta risiko bahaya pemaparan obat. Untuk dapat tetap menjamin obat di Rumah Sakit Umum “Darmayu” Ponorogo disiapkan dan disalurkan dalam area yang telah di tetapkan dalam penyiapan sedianan parenteral maka keterampilan tenaga perawat dalam teknik aseptik perlu terus ditingkatkan.