Skip links

In House Training BHD (Bantuan Hidup Dasar)

Bantuan Hidup Dasar (BHD) merupakan suatu tindakan yang bersifat darurat untuk membebaskan jalan nafas, membantu pernapasan dan mempertahankan sirkulasi darah tanpa menggunakan alat bantu. Bantuan hidup dasar bertujuan untuk oksigenasi darurat secara efektif pada organ vital seperti otak dan jantung melalui ventilasi dan sirkulasi buatan sehingga paru dan jantung dapat memenuhi kebutuhan oksigen tubuhnya sendiri secara normal.

Tindakan Bantuan Hidup Dasar (BHD) yang dilakukan secara tepat, sigap dan sesuai prosedur oleh orang yang berada di sekitar penderita segera setelah terjadi kejadian dapat meningkatkan kelangsungan hidup penderita. Tindakan Bantuan Hidup Dasar (BHD) yang terlambat dan tidak sesuai dengan prosedur, akan mengakibatkan gagalnya upaya penyelamatan terhadap pasien.
Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan dan menuju rumah sakit yang Terakreditasi Nasional Versi 2012, Rumah Sakit Umum “Darmayu” harus menyediakan sumber daya manusia yang terlatih dengan baik secara medis maupun non medis yang mampu memberikan pertolongan pertama baik pada pasien maupun orang di sekitar pasien yang mengalami kegawatdaruratan. Oleh sebab itu, Rumah Sakit Umum “Darmayu” harus menfasilitasi pegawainya dalam meningkatkan keilmuan serta keterampilan dalam melakukan pertolongan pertama atau bantuan hidup dasar (BHD).
Kegiatan Bantuan Hidup Dasar (BHD) ini diselenggarakan pada Hari Sabtu 21 Januari 2017 Pukul 08.00 – Selesai, bertempat di Fitnes Center Candra Buana yang mana lokasi tersebut masih 1 lokasi dengan Rumah Sakit Umum “Darmayu”, adapun peserta tersebut berasal dari kalangan medis dan non medis di Rumah Sakit Umum “Darmayu” yang ditunjuk dari masing-masing unit atau ruangan yang berjumlah lebih dari 100 peserta.

Leave a comment